Profesi tata Boga

Profesi tata Boga

welcome to my world...

slamat membaca dan smoga bermanfaat...

Sabtu, 17 Oktober 2009

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Pengertian :
Manajemen yang berbasis sekolah atau sering disebut dengan MBS, adalah suatu lembaga yang memposisikan sekolah sebagai unit dibidang pendidikan di tempatnya (sekolah) masing-masing (setiap daerah). MBS merupakan otoritas ataupun otonomi kepada sekolah terhadap SDM yang dimiliki dengan berbagai tujuan yang sesuai dengan standar.
Adapun yang ditentukan oleh setiap sekolah (tempat), adalah SDM yang berupa guru, siswa ataupun personalia lain yang mendukung, kemampuan secara input ataupun output untuk keberlangsungan sekolahnya, dan perlu menentukan kemajuan kualitas yang dimilikinya.

Tujuan :
”Meningkatkan mutu Sekolah” adalah satu-satunya tujuan yang diharapkan dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah disetiap daerah. Dalam suatu tempat yang mengutamakan mutu maka tempat tersebut harus :
1. Absolute, yaitu memiliki satu-satunya didalam fasilitas pendidikan ataupun fasilitas yang mendukung pendidikan itu sendiri
2. Bersifat relatif, yaitu sekolah tersebut tidak bersifat konsisten (adanya perubahan-perubahan berskala dalam program pendidikannya)
3. Bekerja berdasarkan parameter, yaitu bergerak dibidangnya (pendidikan) sesuai dengan kemampuan yang ada berdasarkan kepuasan pelanggannya (penikmatg pendidikan)

Berdasarkan tujuan MBS, maka sekolah yang dikatakan bermutu harus memiliki:
  • Accountable, yaitu keberhasilan peserta didik dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh para pendidik.
  • Transparansi, adanya keterbukaan sistem pendidikan kepada semua pihak sekolah.
  • Sekolah tersebut memiliki harapan dan yakin bisa mencapainya sesuai dengan SDM yang dimiliki.
  • Memiliki partisipasi masyarakat ataupun orang tua siswa dalam proses pembelajaran.

Dengan terjadinya reformasi (1998), maka tuntutan daerah yang ingin melakukan perubahan semakin banyak dan keinginan sekolah (dinas) mengatasinya sendiri pun semakin bertambah, maka dapat dikatakan alasan dalam mendirikan MBS ini adalah :
1. Beralihnya kekuasaan dari sistem Sentralisasi (berpusat) menjadi disentralisasi (tidak berpusat)
2. Adanya otonomi (kepercayaan) disetiap daerah
3. Adanya pengamatan mengenai sekolah bermutu untuk menentukan atau mengembangkan potensi SDM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar